Join me on Facebook Follow me on Twitter Follow me on Google Plus Subscribe to RSS

Selasa, 23 Juli 2013

0 ROOT penting untuk android?

BLOG NAME || Artikel: ROOT penting untuk android?
Share Gan:

Setiap kali saya membaca thread di forum android, atau di jejaring sosial,saya terkadang menemukan beberapa istilah dan pertanyaan.
HP nya sudah di root? Penting ga sich root di android? Kalau di root, garansi hilang? Bagaimana caranya rooting android?. Dan sudah beberapa kali orang yang beraktifitas dengan android pasti menanyakan hal sama saat melihat HP android. Seberapa penting sih rooting di android itu? Apa gunanya untuk kita?


Apakah arti ROOT?
Root secara harfiah artinya akar pohon, maka bisa diartikan bahwa root adalah sebuah profile user yang paling tinggi tingkatannya dari sebuah sistem sehingga bisa merubah keseluruhan sistem. Kalau masih bingung, analogikan root adalah administrator di sistem windows ataupun mengetikan perintah "sudo" pada terminal linux. Biasanya tanda yang muncul ketika memasukkan perintah 'su' di Terminal (bisa gunakan aplikasi Terminal Emulator), jika telah di root adalah #. Namun jika HH anda belum di root atau posisi unroot maka tandanya $.


Apakah fungsi ROOT?

Hp Android yang sudah di root akan mampu mengeluarkan semua potensi dan fitur yang terkunci seperti menginstall applikasi yang bukan berasal dari Android market, fitur wireless tethering, mengubah tampilan, uninstall applikasi default (crapware),  flash custom ROM, dan lain-lain.
Karena OS Android basenya linux maka semua system di bentuk file dalam android, root membuka akses secara langsung terhadap semua file di system. 
Android sendiri pasti memberikan hal yang dapat dirubah dan hal yang tidak dapat dirubah oleh software dengan pertimbangan dari pihak pengembang dari android. Terkadang kita membutuhkan sesuatu hal yang tidak dapat dirubah tanpa lewat sistem android, perubahan tersebut bukan hanya performa, keamanan dan kenyamanan juga menjadi dasar kenapa adanya rooting.


Seperti setting firewall, buffer sdcard, cpu clock setting dkk tidak di berikan oleh android secara sistem oleh karena itu dibutuhkan root untuk mengakses langsung ke dalam sistem android. 


Pada dasarnya semua Handphone Android (atau tablet) dapat di root dengan mudah, meskipun ada beberapa tipe tertentu yang memerlukan cara rooting berbeda.


Apakah keuntungan dan kerugian ROOT?
Keuntungan : 
1.Akses yang tak terbatas terhadap system Android
2.Instalasi aplikasi di memory card dan install aplikasi yang butuh root pastinya
3.Un-install aplikasi-aplikasi bawaan vendor
4.Backup App+System
5.Instalasi ROM custom
6.Akses terhadap file-file sistem Android secara penuh
7.Overclock processor yang secara keseluruhan meningkatkan performa (tapi membuat konsumsi baterai jadi lebih boros) 
Kekurangan : 
1.Garansi hilang
2.Mudah terinfeksi virus, malware atau spam krn sistem ponsel uda terbuka


Kesalah penalaran dalam arti "ROOT"
1.SU dalam root bukan berarti SuperUser namun berarti Switch User
2.Root bukan berarti menginstall ROM atau Firmware, dalam penginstallan ROM atau Firmware,dapat untuk BRICK jauh lebih besar dbanding ROOT, jadi dapat diambil kesimpulan dampak untuk brick dalam proses root kecil (bukan berarti tidak bisa, namun kecil untuk terjadi brick)


Alasan utama vendor, root berarti garansi hilang
Mengapa vendor mengambil kebijaksaan untuk membatalkan garansi ketika anda me-root android anda?
Seperti layaknya jika anda membeli barang yang telah rusak segelnya,maka akan timbul perasaan bahwa barang tersebut tidak lagi original dan telah di otak-atik lebih besar dibanding dalam posisi tersegel
Begitu juga vendor beralasan kenapa root membatalkan garansi, karena mereka beranggapan bahwa anda telah memodifikasi android anda dan yang menyebabkan kerusakan adalah anda bukan dari vendor (perlu diingat lagi segala sesuatu yang terjadi karena kesalahan manusia akan membatalkan garansi, garansi berlaku jika kerusakan disebabkan karena kesalahan pabrik dalam memproduksi)


Pentingkah Android di ROOT?
Pemilik Android disarankan tidak melakukan root bila memang tidak memerlukan fitur yang Info Teknologi atau kepentingan yang saya sebutkan diatas, ini karena ‘root android’ memiliki resiko celah keamanan, kemungkinan handphone tidak berfungsi setelah root (sekali lagi saya tekankan bahwa root tidak sama dengan memodifikasi, root hanya peroleh hak admin, dalam hal ini "setelah root" berarti aktifitas yang anda lakukan setelah root bukan waktu anda melakukan rooting), dan hilangnya garansi. Kembali pada kita apakah membutuhkan sampai sejauh itu atau tidak.

Jadi saya tekankan rooting ga melulu soal performa quadrant score dan sebagainya, rooting adalah proses unlock sistem dimana salah satu benefit dari unlock untuk setting performa.

Judul: ROOT penting untuk android?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh fernandus sinaga




Di Posting Oleh fernandus sinaga, Pada 06.04 dan 0 komentar

Ditulis Oleh : YOUR NAME | YOUR DESCRIPTION

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul ROOT penting untuk android?. Dengan url http://android-karisma.blogspot.com/2013/07/root-penting-untuk-android.html. Jika anda suka dengan artikel ini silahkan ambil dengan syarat Term of Use. Jika anda ingin meng copy-paste tolong berikan sumbernya dan baca terlebih dahulu Term of Use.

:: Thank's for visiting ! ::