Join me on Facebook Follow me on Twitter Follow me on Google Plus Subscribe to RSS

Rabu, 05 Juni 2013

0 Mengapa pindah ke Android?

BLOG NAME || Artikel: Mengapa pindah ke Android?
Share Gan:

Mengapa pindah ke Android?

Tidak perlu dipungkiri lagi, sekarang Android sudah menjadi salah satu Operating System SmartPhones yang banyak dipakai di seluruh dunia. Bahkan menurut beberapa sumber, saat ini Android sudah menguasai lebih dari 33% dari seluruh pasar ponsel baru. Jika beberapa tahun lalu masih didominasi oleh Symbian, sekarang Nokia ketar-ketir melihat perkembangan Andoid yang begitu cepat.



Beberapa alasan mengapa produsen ponsel, developer software maupun konsumen lebih memilih smartphones berbasis Android bisa anda baca di bawah ini:


1) Android itu Gratis


Seperti produk lain dari Google, Android bisa dimanfaatkan dengan gratis. Bagi seorang developer, anda bisa mengcustomize sendiri aplikasi yang akan digunakan. Bagi produsen ponsel, Android merupakan pilihan menarik mengingat harganya yang “free” sehingga mampu memangkas biaya produksi dari ponsel yang mereka rilis.


Karena banyaknya produsen dan developer software yang mengembangkan aplikasi Android, konsumen juga bisa memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Tinggal mencai aplikasi di Android market kemudian diinstall pada ponsel. Jika tidak cocok dengan kebutuhan, hanya perlu uninstall dan mencari aplikasi lain di Android market.


2) Multi Tasking


Seperti notebook, semua ponsel Android bisa multitasking. Artinya pengguna bisa memerintahkan ponsel untuk memerintahkan beberapa pekerjaan sekaligus. Sebagai contoh, saat anda download aplikasi, anda bisa menggunakan aplikasi lain seperti mendengarkan musik, login ke twitter dan pekerjaan lain.


Persis seperti apa yang pernah dikatakan oleh Steve Jobs (Aktor dibalik kesuksesan Apple), PC Tablet akan menggantikan tugas notebook tetapi dengan bobot yang lebih ringan.


3) Android Rutin Update


Seperti operating system “Open Source” yang lain, Android selalu “up-to-date” untuk melakukan perubahan. Setiap ada “bug” yang baru ditemukan, para pengembang akan menyediakan “patch” untuk memperbaikinya. Dan jangan lupa, setiap versi yang dirilis akan meningkatkan performa dari OS itu sendiri.


Berbeda dengan OS yang dibuat oleh satu perusahaan tertentu. Konsumen harus menunggu rilis terbaru dari perusahaan itu untuk mendapatkan update terbaru. Dan seringkali, perusahaan tersebut “terlambat” merilis versi baru untuk memperbaiki “bug” pada versi sebelumnya.


4) Nama baik Google


Tidak dipungkiri Google bisa menjadi salah satu alasan kenapa Android cepat dipercaya oleh orang semua orang di dunia. Google selalu menghadirkan warna baru baru di internet melalui produk-produk mereka yang penuh dengan inovasi. Dan yang lebih penting lagi, sebagian besar produk Google bisa dinikmati dengan gratis.


Dan seperti produk Google yang lain, Android bisa langsung terkenal dan diterima masyarakat dunia karena Google. Boleh dikatakan, Android “mendompleng” nama keren Google untuk menjadi terkenal.

5) Keterlambatan Microsoft Merilis Windows Phone 7



Windows Phone 7 memang sudah dirilis dan beberapa produsen ponsel  juga mulai melirik OS buatan Microsoft untuk digunakan pada Ponsel produksi mereka. Namun, Windows Phone 7 hadir disaat Android sudah merajai ranah ponsel yang tentunya akan mempersempit ruang gerak Microsoft untuk mengembangkan sayap.


Secara langsung atau tidak langsung, Keterlambatan Microsoft merilis Windows Phone 7 juga menjadi salah satu penyebab mengapa Android bisa berkembang pesat seperti sekarang.


6) Dukungan Produsen Ponsel Kelas Atas


Mungkin ini yang dinamakan “Simbiosis Mutualisme” antara produsen ponsel kelas atas dengan Google. Untuk memangkas biaya operasional, produsen ponsel akan mencari OS berkualitas dengan harga seminim mungkin dan pada saat yang sama Google datang dan memberi penawaran berupa “Android” dengan harga “Free”. Merupakan hal yang bodoh jika menolak peawaran tersebut.


Beberapa produsen kelas atas yang mulai mendukung ponsel Android diantaranya Samsung, Motorola, HTC dan Sony Ericsson. Selain itu, masih banyak lagi produsen ponsel dunia yang ingin dan akan menggunakan Android sebagai OS dari SmartPhones yang mereka produksi.


7) Aplikasi Yang Beragam


Saat pertama kali menggunakan Android, coba buka menu Android Market. Di situ ada ribuan aplikasi yang siap digunakan mulai dari aplikasi yang mendukung pekerjaan sehari-hari, aplikasi gallery foto, aplikasi jejaring sosial, games dan banyak lagi. Hanya perlu memilih aplikasi mana yang ingin digunakan dan install pada ponsel anda. Walaupun begitu, beberapa aplikasi memang bersifat komersial sehingga anda harus sedikit merogoh isi kantong untuk menggunakannya.


Beberapa alasan di atas adalah gambaran umum kenapa harus memilih ponsel Android. Jika anda punya alasan lain yang “pro” atau “kontra” bisa anda tambahkan dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

Judul: Mengapa pindah ke Android?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh fernandus sinaga




Di Posting Oleh fernandus sinaga, Pada 22.41 dan 0 komentar

Ditulis Oleh : YOUR NAME | YOUR DESCRIPTION

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Mengapa pindah ke Android?. Dengan url http://android-karisma.blogspot.com/2013/06/mengapa-pindah-ke-android.html. Jika anda suka dengan artikel ini silahkan ambil dengan syarat Term of Use. Jika anda ingin meng copy-paste tolong berikan sumbernya dan baca terlebih dahulu Term of Use.

:: Thank's for visiting ! ::