Join me on Facebook Follow me on Twitter Follow me on Google Plus Subscribe to RSS

Kamis, 04 April 2013

0 Root atau Rooting Pada Android

BLOG NAME || Artikel: Root atau Rooting Pada Android
Share Gan:


Rooting atau yang lebih dikenal root pada ponsel atau tablet Android adalah kegiatan memberi hak akses penuh pada handheld (HH) sehingga dapat memodifikasi, menambah, bahkanmenghapus aplikasi bawaan atau file-file yang telah tertanam pada sistem Android. Untuk menghapus aplikasi atau file-file tersebut tentu diperlukan teknik dan cara khusus agar HH tetap dapat bekerja tanpa harus ngeblank.
Awalnya, ketika sobat pertama kali membeli ponsel atau tablet Android, semua produk Android keluaran pabrik manapun masih berstatus standar (belum diroot). Pihak pabrik sengaja memberikan ponsel atau tablet dengan kondisi tersebut karena sobat berada pada posisi sebagai konsumen yang hanya menjadi penggunanya saja, bukan sebagai seorang developer atau pengembang. Dengan melakukan root pada ponsel atau tablet, sobat telah menghanguskan garansi resmi yang dikeluarkan oleh masing-masing vendor.
Berikut beberapa kelebihan atau keuntungan melakukan root:
  • Dapat menginstall aplikasi yang membutuhkan akses root. Beberapa aplikasi berguna yang ada dalam Google Play Store memang ada sebagian yang membutuhkan akses root seperti: Rootex, App2Sd, Link2Sd, ROM Manager, Titanium Backup, dll
  • Dapat membackup ROM dan menginstall Custom ROM. Bagi sebagian pengguna ROM pada ponsel atau tablet dirasa kurang menarik dan menginginkan perfoma atau kinerjanya maksimal. Untuk itu mereka menggunakan Custom ROM untuk menggantikan Stock ROM bawaan pabrik.
  • Dapat menguninstall aplikasi bawaan ponsel atau tablet Android. Memori telepon terkadang akan menjadi cepat penuh saat sobat menginstall banyak aplikasi yang tersedia pada Google Play Store. Untuk itu, sobat dapat menghapus sebagian aplikasi bawaan yang tidak dipakai sehingga memori yang tersedia semakin longgar. Namun sobat harus lebih hati-hati dalam menguninstall atau menghapus aplikasi tersebut karena dapat menyebabkan kerusakan pada HH Android jika terjadi kesalahan.
  • Dapat memaksimalkan kinerja ponsel. Sobat dapat melakukan overclocking (penyetelan paksa) pada prosesor yang ada pada ponsel atau tablet Android. Tentu saja saja semua beresiko, baterai ponsel atau tablet akan cepat habis atau bisa juga ngebrick dan blank.
Selain itu, ternyata proses root atau rooting memberikan kerugian bagi yang melakukannya. Berikut beberapa kekurangan atau kerugian pada saat melakukan root:
  • Garansi pada ponsel atau tablet akan hilang
  • Jika sobat salah menghapus atau menguninstall aplikasi bawaan ponsel atau tablet Android maka akan berakibat fatal.
  • Virus atau malware lebih mudah menyerang dan melumpuhkan sistem Android
Tentu saja itu kembali kepada pilihan sobat, mau melakukan root atau tetap pada kondisi default. Jika sobat tidak mengerti apa yang sobat lakukan, mending biarkan ponsel atau tablet dalam keadaan belum diroot. Namun, bila sobat merasa kinerja ponsel atau tablet perlu ditingkatkan serta mengerti bagaimana caranya, silahkan saja untuk melakukan root atau rooting

Judul: Root atau Rooting Pada Android
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh fernandus sinaga




Di Posting Oleh fernandus sinaga, Pada 05.15 dan 0 komentar

Ditulis Oleh : YOUR NAME | YOUR DESCRIPTION

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Root atau Rooting Pada Android. Dengan url http://android-karisma.blogspot.com/2013/04/root-atau-rooting-pada-android.html. Jika anda suka dengan artikel ini silahkan ambil dengan syarat Term of Use. Jika anda ingin meng copy-paste tolong berikan sumbernya dan baca terlebih dahulu Term of Use.

:: Thank's for visiting ! ::